Tuesday, June 2, 2015

Halal Foods In Melbourne, Victoria, Australia



Halal Foods In Melbourne, Victoria, Australia

Queenbaca di toko daging yang menjual daging sapi, kambing, ayam halal‘HALAL IS HEALTHIER’, makanan halal lebih sehat. Di Melbourne, ternyata sangat mudah menemukan makanan halal, baik berupa restoran maupun bahan mentah seperti daging sapi dan ayam. Kalau di restoran, biasanya restoran atau rumah makan akan menuliskan label halal di depan restoran tersebut, sama seperti toko daging.
Di kota Melbourne, Queen sangat mudah makan, banyak penduduk Muslim ataupun non Muslim yang jual makanan halal, seperti Restoran Nelayan, Es Teler 77, Norsiah Kitchen, Express Kebab, Station Kebab, Rumah makan Minang, Sahara, Brunswick Rooster dan restoran lainnya. Jadi kalau Queen dan ummi jalan ke pusat kota, ke Bruncwick, ataupun di sekitar Universitas Melbourne, banyak sekali jajanan yang bisa Queen beli.
Queen sangat suka nasi goreng teri di Es teler 77 di pusat kota Melbourne, Queen biasa naik tram 8 yang melintasi Swanston Street dan makan kebab di Station Kebab di Brunswick, Queen tinggal naik tram 19 dari rumah atau Universitas Melbourne, stop di 30 atau 31. Kalau di kampus, Queen tinggal minta ummi ajak ke UNION HOUSE, tempat pusat jajan bagi mahasiswa di Universitas Melbourne, atau ke NORSIAH kitchen, pusat jajanan makanan Malaysia, Singapore dan Indonesia, Queen kadang beli nasi lemak Malaysia atau nasi uduk kalau di Indonesia dan secangkir teh Tarik. Ohiya, kalau Queen ingin es krim, Queen tinggal minta antar ummi ke restoran Balhas’ Pastry untuk beli es krim khas turkey, yummy, tinggal naik tram 19, stop 21. Kalau pengen halal Pizza, Queen tinggal pergi ke restoran Sahara deh, di area Brunswick juga, teman-teman.
Enak teman-teman, dan porsinya juga porsi bule alias porsi besar, jadi kalau Queen tidak habis, Queentake away aja makanan setengahnya buat makan di rumah sama ummi. Umumnya, kalau makan berat, harganya sekitar AUS $ 6,5 hingga AUS $ 12. Kalau makanan ringan seperti kue-kue, harganya sekitar AUS $ 1-3. Pastinya jangan teman-teman Queen konversikan harganya ke rupiah ya, bisa-bisa nggak bisa makan deh karena kemahalan, bayangkan satu kue aja bisa harganya Rp 10.000-30.000 dan makan siang bisa harganya Rp 60.000-120.000 sekali makan.
Ummi selalu beli bahan daging di sekitar Brunswick, di mana banyak muslim yang bermukim di sini juga, sehingga sangat mudah mencari daging halal di sini. Harganya bervariasi dari AUS $ 3-12 per kilogramnya tergantung jenis daging yang kita beli. Queen selalu menemani ummi tiap dua minggu sekali untuk membeli kebutuhan daging, lalu ummi simpan daginya di kulkas tentunya.
Makanan halal juga dijelaskan dalam firman Allah dalam surah ke 5 (Al-Maidah) ayat 3 yang artinya: (coba teman-teman lihat artinya dalam bahasa Indonesia di terjamahan Al-Qur’an ummi dan abi di rumah)
"Forbidden to you (for food) are: dead meat, blood, the flesh of swine, and that on which hath been invoked the name of other than Allah; that which hath been killed by strangling, or by a violent blow, or by a headlong fall, or by being gored to death; that which hath been (partly) eaten by a wild animal; unless ye are able to slaughter it (in due form); that which is sacrificed on stone (altars); (forbidden) also is the division (of meat) by raffling with arrows: that is impiety..."[Qur'an 5:3]

3 comments:

  1. Bisa tau ngak apa bisa kita bawa pulang daging mentah menaiki pesawat..bisa ngak dicheck in keluar ausie ke malaysia

    ReplyDelete
  2. Bisa tau ngak apa bisa kita bawa pulang daging mentah menaiki pesawat..bisa ngak dicheck in keluar ausie ke malaysia

    ReplyDelete
  3. tergantung negaranya si faiz..apakah sistem karantinanya strik atau ndak

    ReplyDelete