Tuesday, June 2, 2015

Puffing Billy, Naik Kereta Uap Di Lereng Pegunungan Dandenong Ranges



 Puffing Billy, Naik Kereta Uap Di Lereng Pegunungan Dandenong Ranges


Teman-teman ada yang pernah naik kereta uap? Nah, kali ini Queendan ummi pergi ke Puffing Billy untuk berwisata dengan kereta uap. Ikutan, yuk!Puffing Billy merupakan salah satu objek wisata yang berada di lereng pegunungan daerah Dandenong Ranges, Melbourne. Kami pergi ke sana naik kereta api. Butuh waktu selama lebih kurang 60 menit untuk tiba di Puffing Billy dari Kota Melbourne, naik kereta menuju Dandenong Ranges.Kali ini ummi pergi sama keluarga besar mahasiswa Indonesia di Melbourne. Queenjuga pergi bersama anak-anak seumuran Queen lainnya plus orang tuanya tentunya.Duh, ributnya.
Dahulu, kawasan pemerintah Melbourne ingin memperluas wilayah-wilayah terpencil di kawasan Timur Melbourne yaitu Dandenong Ranges sehingga dibuka empat jalur kereta api di wilayah tersebut. Kereta uap ini mulai beroperasi pada tanggal 18 Desember 1990. Masyarakat menggunakan kereta uap tersebut sebagai transportasi ke daerah terpencil. Namun, pada tahun 1953 terjadi longsor sehingga jalur kereta tertutup dan kereta uap tidak bisa beroperasi lagi. Sebuah perkumpulan masyarakat bernama Puffing Billy Society yang bekerja sama dengan pihak militer dan Victorian Railwaysmemiliki keinginan untuk membangun kembali jalur kereta uap tersebut, dan jalur kereta berhasil dibuka kembali sampai ke Menzies Creek Station pada tahun 1962, Emerald Station di tahun 1965, Lakeside Station di tahun 1975 dan terakhir Gembrook Station pada tahun 1998.
Setelah satu jam akhirnya sampai juga, hore! Teman-teman wajib ya kesini kalau ke Melbourne. Kami perlu berjalan sesaat menelusuri jalan kecil menuju tempat kereta uap ini. Pada hari-hari tertentu, terdapat berbagai hiburan di sini seperti penampilan musik Jazz(Jazz on Puffing Billy Railway), atau cerita detektif seperti Murder On The Puffing Billy Express. Harga tiket yang ditawarkan juga berbeda-beda, tergantung usia dan servis perjalanannya. Teman-teman bisa cek harga tiket dan informasi lainnya di website ini www.puffingbilly.com.au
Gambar 27. Duduk di Jendela Kereta Uap Puffing Billy (Sumber: www.flippkids.com)
Tante Ika bantuin untuk antri beli tiket nih, lalu kita masuk bersama dan kami antri lagi untuk naik kereta uapnya.Uniknya, di kereta uap ini kita bisa duduk di jendela kereta. Wah, Queen bisa melihat indahnya pemandangan hutan sepanjang perjalanan di lereng gunung sambil menikmati semilir angin yang menerpa wajah. Karena Queen masih kecil, Queen hanya duduk manis di kereta dan melihat pemandangan indah dari jendela kereta yang terbuka, teman-teman Queen yang sudah besar, bisa duduk di jendela kereta bersama orang tua mereka. Harus pegangan kuat-kuat nih supaya tidak jatuh!

No comments:

Post a Comment