Tuesday, June 2, 2015

Tambang Emas Bernuansa Kota Tua Di Sovereign Hill, Ballarat



Tambang Emas Bernuansa Kota Tua Di Sovereign Hill, Ballarat

Winter tiba lagi, enaknya ngapain ya selain main salju ke puncak gunung? Wah,  kebetulan abi datang lagi liburan musim ini, ummi dan teman ummi, tante Ika yang kebetulan suaminya juga datang liburan memutuskan untuk pergi ke Ballarat bersama teman-teman ummi Queen lainnya. Memangnya, ada apa di tempat ini ya, Queen penasaran.
Teman-teman, ada yang pernah melihat tempat penambangan emas? Tambang emas tidak hanya berada di Papua, Indonesia. Ternyata di Victoria juga ada tambang emasnya, loh! Kali ini, Queen berwisata ke Tambang Emas di Ballarat. Tambang emas bernuansa kota tua kok dijadikan tempat wisata ya? Yuk, ikuti perjalanan Queen!
Ballarat adalah kota yang berada di 105 km arah barat laut Melbourne dengan  jumlah penduduk terpadat ke-3 di Victoria. Sepanjang perjalanan dari Melbourne ke Ballarat terdapat pemandangan daerah pertanian yang hijau dan subur. Segar sekali!
Pada tahun 1851, Ballarat pernah dijadikan sebagai tempat penambangan emas (Gold Mine). Kini, tempat penambangan emas tersebut sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata. Salah satu lokasi penambangan emas yang menarik minat wisatawan ialah Sovereign Hill. Di sini masih terasa nuansa penambangan emas yang berjaya pada tahun 1850-an itu. Warisan arsitektur atau bangunan-bangunan yang berada di sekitar Sovereign Hill, dan para pekerja-pekerja, pelayan toko, penjual souvenir, pelayan restoran dan orang-orang yang bekerja di Sovereign Hill yang berada di sekitar komplek ini yang mengenakan kostum koboi dan pakaian tempo dulu, membuat lokasi ini kaya akan
VOCABULARY
(KOSAKATA)

Gold            :Emas
Mine           : Tambang
Hill             : Bukit
Booking     : Memesan
Action        : Beraksi/bergaya

sejarah. Queen seperti berada di tahun 1851, serasa di dunia zaman tempo doeloe kalau kamu ada di sini, inget deh film koboi di televisi.
Di sini kita bisa turun ke lokasi penambangan emas di permukaan tanah dan bawah tanah dengan menggunakan kereta tambang. Kita bisa melakukan penyaringan emas di alur sungai buatan di sini, dilengkapi juga dengan alat-alat penambang emas. Queenaction dulu ya jadi penambang emas. Hihi. Goyang goyang pasir dan air di wajan, Queen hanya dapat pasir dan kerikil aja, mana emasnya ya? Hmm, emasnya sudah habis di zaman dulu.
Queen, ummi dan abi ikutan berpetualang juga, turun ke bawah tanah, dan melihat nuansa penambangan emas tempo dulu di sini. Queen bisa melihat gerobak dorong, jalur kereta, lampu minyak tanah, obor, dan jalur yang panjang. Ada juga patung-patung penambang emas, loh!Setelah itu, Queenmelihat pertunjukan pelelehan emas yang akan dicetak menjadi emas batangan di auditorium kompleks Sovereign Hill. Seru!  Terakhir, seperti biasa, Queen minta ummi beliin oleh-oleh, gantungan kunci Sovereign Hill dan botol yang berisi lempengan emas, harganya AUS $ 5-10 alias Rp 40.000- Rp 90.000.  Ohiya di sini, kita bisa berfoto keluarga atau bersama teman dengan menggunakan kostum tempo dulu, tapi sayangnya, sudah penuh untuk hari itu.Sedikit kecewa, deh.Seharusnya pagi-pagi booking foto dulu sebelum keliling kota Sovereign Hill atau booking untuk berfoto secara online sebelum berkunjung ke Ballarat.

No comments:

Post a Comment